Sekolah
ADUFOTO: High School Photo Challenge 2014

High School Photo Challenge adalah ajang apresiasi tertinggi fotografi bagi penggiat fotografi setingkat SMA di Indonesia. Alumni juga bisa ikut partisipasi untuk meningkatkan penilaian sekolahnya.

Ikuti ADUFOTO

Syarat & Ketentuan
Privasi
Tanya Jawab
Hubungi Kami

Persembahan dari
AYOFOTO!

Tanya Jawab


 

HADIAH dan PENJURIAN

T. Bagaimana foto saya dinilai?
J. High School Photo Challenge (HSPC) terdiri dari 3 (dua) babak penilaian untuk mencari juara berdasarkan aspek teknis fotografi, kualitas dan originalitas foto yang tentunya juga harus sesuai dengan HSPC Syarat & Ketentuan. Proses untuk mencari foto-foto terbaik dan juara di HSPC melibatkan penilaian dari Juri-juri yang kredibel dan Panitia HSPC yang mempunyai reputasi mengkurasi foto-foto lomba internasional.

T. Apa hadiah yang disediakan?
J. Peserta Juara akan mendapat publikasi media nasional dan internasional. Peserta juga akan mendapat hadiah dari Sponsor, Piala, dan Sertifikat. Untuk selengkapnya hadiah dapat dilihat di Halaman Hadiah* (http://www.adufoto/prize).
Hadiah dapat berubah sewaktu-waktu tanpa pemberitahuan sebelummya akibat dari proses kerjasama dengan pihak ke-3, namun demikian Panitia memastikan bahwa hadiah tetap mempunyai nilai yang sama atau lebih besar.

T. Bagaimana saya tahu kalau saya terpilih menjadi Juara?
J. Panitia HSPC akan menghubungi melalui ponsel dan email yang kamu isi di halaman profilmu (https://www.adufoto.com/setting). Oleh karenanya seluruh peserta WAJIB mengisi data-data profilnya dengan benar, akurat dan jujur. Pengumuman juara dapat dilihat di HSPC website (http://www.adufoto.com/winner) dan di Website komunitas resmi HSPC di (http://www.ayofoto.com/page/highschoolphotochallenge)

T. Seberapa penting data profil saya digunakan oleh Panitia?
J. Keputusan Panitia untuk memilih peserta menjadi Juara dapat diubah/dianulir jika Panitia mendapati bahwa data-data profil peserta tidak benar, tidak akurat dan tidak jujur.

T. Apakah saya harus bergabung kedalam sekolah sebelum mengunggah foto?
J. YA, setiap peserta WAJIB bergabung kedalam sekolah tertentu untuk dapat mengikuti lomba foto HSPC ini.

T. Bagaimana kalau sekolah saya tidak ada dalam daftar sekolah?
J. Kamu bisa mendaftarkan sekolah kamu di form online yang telah disediakan (http://www.adufoto.com/s/submit/). Panitia akan memeriksa seluruh data isian sekolah dalam waktu 1x24. Jika semua telah sesuai maka sekolahmu akan muncul dalam daftar sekolah dalam waktu 1x24 jam.
Pastikan data sekolah yang kamu isi seakurat mungkin untuk mempercepat Panitia HSPC mendaftarkan sekolahmu.
Panitia akan mencocokkan data isian sekolahmu dengan pusat data Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan, wikipedia, dan penelusuran google.

ATURAN KEPESERTAAN

T. Apakah mendaftar di ADUFOTO dipungut biaya?
J. TIDAK, untuk mendaftar di ADUFOTO.COM tidak dipungut biaya. Namun demikian peserta harus mengeluarkan biaya untuk koneksi internet, telepon, mengirimkan SMS dan atau hal lainnya kepada penyelenggara pihak ke-3 terkait proses peserta mengikuti lomba HSPC.

T. Siapa yang berhak mengikuti HSPC?
J. Peserta adalah pria/wanita sebagai WNI yang masih aktif duduk pada bangku Sekolah Menengah Atas atau sederajad dan mereka yang telah menjadi alumni. Bagi yang berumur kurang dari 18 tahun atau yang belum mempunyai KTP, wajib mendapat bimbingan dari orang tuanya. Kelalaian dalam memenuhi semua hal tersebut menjadi tanggung jawab penuh peserta dan Panitia HSPC tidak dapat menanggung segala kerugian yang dapat ditimbulkan, baik materi maupun non-materi.

T. Apakah perbedaan peserta siswa dan alumni?
J. Siswa akan berlomba untuk memperebutkan Juara Umum, Juara per Kategori dan Juara Favorit. Sedangkan Alumni (melalui seluruh aktifitasnya di adufoto.com) akan membantu menaikkan penilaian Sekolahnya untuk menjadi Sekolah Juara.

T. Apakah ada batasan tahun kelulusan untuk alumni?
J. TIDAK, seluruh alumni dari seluruh angkatan dapat membantu sekolahnya untuk terpilih menjadi Sekolah Juara.

T. Apakah foto yang saya unggah dikembalikan?
J. TIDAK, seluruh foto yang diunggah tersimpan didalam basis data HSPC.

T. Bagaimana mengenai HAK CIPTA FOTO?
J. Seluruh peserta WAJIB menjamin bahwa HAK CIPTA foto yang dilombakan adalah menjadi miliknya, baik individu maupun kelompok. Panitia HSPC tidak bertanggung jawab jika ada pihak ke-3 yang merasa dirugikan atas HAK CIPTA FOTO yang dilombakan.

T. Apakah HAK CIPTA FOTO menjadi milik Panitia HSPC?
J. TIDAK, HAK CIPTA FOTO sepenuhnya tetap menjadi milik peserta lomba. Namun demikian, dengan mengikuti lomba ini maka peserta lomba memberikan ijin HAK GUNA pada Panitia HSCP untuk menggunakan foto-foto peserta dalam konteks promosi kegiatan lomba HSPC.

T. Apakah ada batas waktu foto tersebut dibuat?
J. Foto yang dilombakan harus dibuat setelah tanggal 1 Januari 2011 pukul 00:00:00 (GMT+7).

T. Apakah foto yang pernah tampil di internet/media cetak boleh dilombakan?
J. Foto yang tampil di internet/online/media cetak boleh dilombakan. Namun demikian, foto yang dilombakan tidak boleh menang dalam lomba apapun. Foto juga tidak boleh sebelumnya mendapatkan julukan/gelar apapun (Foto Pilihan Editor, Foto Terbaik Harian, dsb) baik secara online maupun offline.

T. Apakah olah digital foto diperbolehkan?
J. Selama foto diolah bertujuan untuk menjadi lebih NATURAL maka diperbolehkan, termasuk didalamnya pemotongan (cropping). Segala bentuk olah digital yang membuat foto menjadi kurang atau tidak NATURAL tidak diperbolehkan. Kriteria NATURAL adalah menjadi hak Panitia HSPC dan tidak dapat diganggu gugat. Watermarks atau Stricker tidak diperbolehkan. Penambahan Frame dan Fantasy Filter tidak diperbolehkan. Foto WAJIB tetap mengandung METADATA (EXIF). Jika dalam tahap kurasi awal foto peserta lolos dan tampil di Galeri hal ini belum menjamin foto tersebut berhak untuk menjadi Juara. Panitia akan melakukan pemeriksaan lebih mendalam pada foto sebelum pengumuman Juara.

T. Apakah saya perlu menambahkan tulisan/watermark/copyright pada foto saya?
J. TIDAK. Foto harus bersih dari tulisan apapun termasuk watermark dan copyright. Kegagalan peserta memenuhi hal ini akan berakibat fotonya dapat didiskualifikasi.

T. Tema HSPC adalah "INDONESIA BANGET!" Apa maksud dan tujuannya?
J. HSPC bertujuan untuk memberikan pemahaman positif tentang Indonesia pada Dunia. Oleh karena itu foto-foto yang dilombakan harus dapat memberikan pemahaman positif bagi mereka yang melihatnya. Pemahaman positif yang dimaksud adalah keindahan, keteraturan, disiplin, kesejahteraan, semangat juang, kreatif dsb. Foto-foto yang menurut pemahaman Panitia HSPC gagal menonjolkan pemahaman positif pada Indonesia akan didiskualifikasi. Kriteria pemahaman positif tentang Indonesia menjadi hak Panitia HSPC dan tidak dapat diganggu gugat.

T. Jika saya tidak dapat mengunggah foto di website HSPC, apakah saya dapat mengirimkan foto melalui email ke Panitia HSPC?
J. TIDAK. Seluruh foto harus diunggah melalui website HSPC (http://www.adufoto.com/upload/). Panitia TIDAK MENERIMA foto melalui media lain selain melalui website resmi HSPC.

UNGGAH FOTO

T. Saat saya ingin unggah foto saya diminta untuk kirim SMS, mengapa?
J. Untuk mencapai tujuan mengedukasi seni fotografi maka dibutuhkan standar foto tertinggi yang harus diunggah peserta. Keseriusan peserta untuk mengikuti lomba foto HSPC ini menjadi syarat mutlak.
Dengan demikian maka peserta yang akan mengikutsertakan fotonya wajib menggunakan token yang dapat diperoleh dengan mengirimkan SMS ke nomor tertentu.

T. Apakah artinya saya harus membayar untuk mendapatkan Token?
J. Ya, untuk mendapatkan Token peserta diharuskan membayar sebesar Rp. 5.000,- (mendapatkan 10 Token) yang akan dipotong langsung dari pulsa.

T. Setelah mendapatkan Token, saya dapat mengunggah foto berapa banyak?
J. Untuk 1 kali permintaan Token, peserta akan mendapatkan 10 Token. 1 Token dapat digunakan untuk mengunggah 1 foto.

T. Saya lupa Token saya, bagaimana mendapatkan Token saya lagi?
J. Tidak perlu kuatir, kamu cukup mengirimkan SMS dengan format yang sama saat kamu mendapatkan Token pertama kali. Kamu TIDAK akan dipungut biaya kembali untuk permintaan Token kamu yang lupa. Sistem akan mengirimkan SISA dari Token yang masih dapat digunakan dari 10 Token yang kamu dapatkan.

T. Bagaimana saya tahu kalau foto saya sudah terunggah?
J. Setelah foto terunggah dengan benar, kamu dapat melihat fotomu di galeri pribadimu. Setelah fotomu lolos kurasi dari Panitia HSPC kamu juga akan mendapat email. Panitia akan mengirimkan email ke alamat email yang kamu isi di data profilmu.

T. Bagaimana saya mengirimkan foto?
J. Setelah Masuk (http://www.adufoto.com/login-user/) ke website HSPC, klik menu Unggah Foto (http://www.adufoto.com/upload/). Sebelumnya kamu sudah harus mendaftar sebagai peserta di website HSPC ini. Untuk kamu yang sudah mempunyai akun Facebook, kamu juga dapat mendaftar menggunakan akun Facebookmu. Harap diingat, bahwa tidak seperti Facebook, kamu WAJIB mengisi data profilmu dengan akurat, benar dan jujur.

T. Apa spesifikasi teknis foto yang perlu saya tahu?
J. Setiap foto yang dilombakan harus:

T. Adakah spesifikasi lainnya?
J. Setiap foto yang dilombakan juga harus sesuai hal-hal berikut:
Dalam bentuk digital (file) yang diunggah.
Panitia hanya menerima peserta dan foto secara online.
Panitia tidak menerima foto dalam bentuk cetak atau film.
Foto wajib dibuat menggunakan kamera digital (d-slr, pocket, mirrorless, ponsel).
Foto yang dibuat hasil dari pindai negatif film, tranparansi, atau cetak foto TIDAK diperbolehkan.
Olah digital yang berlebihan, termasuk menambahkan watermarks, dan semua elemen-elemen kreatif dalam bentuk apapun (seperti frame, montage, stamps/stickers, partially POI desaturation/cut-out dll) TIDAK diperbolehkan.
Foto yang mengandung organ vital/alat kelamin pria/wanita, termasuk juga buah dada pada wanita TIDAK diperbolehkan.
Foto yang karena satu dan lain hal gagal terunggah dengan baik sehingga rusak TIDAK diterima.
Foto yang sama dan diunggah lebih dari 1 (satu) kali TIDAK diterima
Foto yang salah orientasi (portrait/landscape) TIDAK diterima.
Foto dengan kualitas yang sangat buruk dan atau tidak sesuai dengan tema TIDAK diterima.
Foto harus dibuat setelah tanggal 1 Januari 2011 pukul 00:00:00 (GMT+7). Sistem pada Website HSPC akan membaca METADATA (EXIF) foto.
Foto yang METADATA (EXIF)nya tidak dapat terbaca oleh Sistem pada Website HSPC TIDAK diterima.
Panitia HSPC berhak untuk meloloskan foto atau mendiskualifikasi foto yang akan dilombakan dan keputusan Panitia HSPC adalah final dan tidak dapat diganggugugat.

T. Berapa foto yang saya dapat ikut sertakan lomba?
J. Kamu dapat mengunggah maksimum 15 foto untuk dilombakan. Kamu dapat memilih kategori lomba yang diinginkan tanpa batasan. Walau demikian, setiap peserta lomba hanya dapat menjadi Juara hanya dari 1 kategori.

T. Kategori foto apa saya yang dilombakan?
J. Ada 3 kategori obyek foto yang dilombakan yaitu Pariwisata, Pendidikan dan Kesenian dan Olahraga. Ketiga kategori ini WAJIB tetap dalam TEMA lomba HSPC yaitu "INDONESIA BANGET!"

T. Karena satu dan lain hal saya ingin membatalkan foto yang telah saya unggah. Bisakah saya lakukan?
J. YA, kamu mempunyai waktu 2x24 jam setelah kamu mengunggah foto untuk membatalkan/menghapus foto tersebut. Setelah 2x24 jam foto akan terkunci dan masuk ke tahapan pertama yaitu kurasi.

T. Setelah lomba ini berakhir, apakah saya dapat menghapus foto saya?
J. TIDAK, kamu tidak dapat menghapus fotomu yang telah tampil di website HSPC. Fotomu akan ditampilkan sampai pelaksanaan HSPC tahun berikutnya.

T. Bagaimana saya tahu kalau foto saya lolos babak kurasi?
J. Kamu akan menerima email pemberitahuan bahwa fotomu lolos (atau tidak lolos) babak kurasi. Selain itu kamu juga dapat melihatnya di galeri pribadimu (http://www.adufoto/m/)

T. Saya sudah berulang kamu mencoba unggah namun tetap gagal.
J. Coba pastikan file foto yang diunggah sudah memenuhi persyaratan teknis diatas. Jika masih saja gagal, silakan kirim email ke webmaster@adufoto.com. Email kamu akan dijawab dalam waktu maksimal 2x24 jam.

T. Mengapa saya tidak bisa melihat foto saya di Galeri?.
J. Seluruh foto yang diunggah harus melewati babak kurasi terlebih dahulu. Setelah lolos babak kurasi kamu bisa melihatnya di galeri pribadimu. Tidak semua foto dapat muncul di Galeri, hanya foto-foto yang dipilih secara khusus oleh Panitia HSPC yang dapat tampil di Galeri

Untuk pertanyaan yang tidak terdapat di halaman ini, silakan langsung ditanyakan langsung dengan menggunakan online form disini